tracer study…
Berita dan Informasi

Akfar ISFI Banjarmasin Meraih Hibah Tracer Study 2016 dari KEMRISTEKDIKTI

23 April 2016 | Muhammad Amin | 1.377 kali dilihat


tracer study akfar isfi   AKFAR ISFI BANJARMASIN MERAIH HIBAH TRACER STUDY 2016 DARI KEMRISTEKDIKTI PHTS (PROGRAM HIBAH TRACER STUDY) adalah program hibah yang diberikan untuk penyelennggaraan tracer study di tingkat PT yang dilaksanakan oleh Pusat Karir PT. Yang Diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti RI yang merupakan Hibah Kompetitif. Tujuan dari Hibah ini adalah untuk mendorong pelaksanaan tracer study di tingkat PT yang terstandarisasi dengan menggunakan desain dan metodologi yang baku secara nasional sehingga hasilnya dapat diperbandingkan (comparable). Seleksi PHTS ini berlaku untuk semua PT baik PTN ataupun PTS yang terdaftar dan berada di lingkungan Kemristekdikti RI. Pelaksanaan seleksi proposal dan evaluasi dokumen proposal (desk evaluation) dilakukan oleh Tim Reviewer Direktorat Kemahasiswaan, Ditjen Belmawa, Kemristekdikti pada bulan Maret 2016. Dan pengumuman pemenang Hibah di bulan April 2016.   AKADEMI FARMASI ISFI BANJARMASIN Alhamdulilah termasuk salah satu PTS yang lulus seleksi dan terpilih untuk penerima Program Hibah Tracer Study  (PHTS) se Indonesia. Jumlah Dana Hibah yang diberikan adalah sebesar maksimum Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah). Durasi pelaksanaan TS adalah 8 bulan dimulai sejak April sampai November 2016. Hasil Tracer Study wajib dipresentasikan pada acara Seminar Pemaparan Hasil PHTS yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan,Ditjen Belmawa, Kemristekdikti pada bulan November 2016 di Yogyakarta. Program TS yang telah dilaksanakan adalah pembagian kuesioner alumni dengan kuesioner yang standar dari Kemristekdikti baik secara online ataupun manual sehingga diperoleh profil lulusan dan lokakarya peninjauan kompetensi oleh stake holder dan para alumni. Sedangkan program TS yang akan dilaksanakan adalah Penyusunan kurikulum berdasarkan peninjauan kompetensi oleh stake holder dan para alumni tersebut   Untuk Metodology Tracer Study AKADEMI FARMASI ISFI BANJARMASIN adalah sbb :
  1. Disain
Disain TS menggunakan penelitian deskriptif evaluatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil lulusan, meliputi masa tunggu lulusan, persentase lulusan yang telah bekerja, penghasilan pertama yang diperoleh dan relevansi kurikulum yang telah diberikan dengan kebutuhan dunia kerja.
  1. Subyek
Subyek penelitian berupa dokumen alumni dan alumni yang lulus tahun 2014.
  1. Metode Pelacakan
Metode pelacakan menggunakan teknik survei dengan menggunakan lembar kuesioner yang bisa diisi secara online dan pengiriman kuesioner melalui pos bagi alumni yang berada di daerah yang tidak terjangkau jaringan internet. Selain itu,  konfirmasi melalui hubungan telepon untuk kuesioner yang datanya tidak lengkap (Khusus kuesioner yang dikirim melalui pos).
  1. Instrumen
Instrumen berupa kuesioner berdasarkan Kemenristek Dikti yang telah dimodifikasi berdasarkan hasil seminar pengembangan kuesioner tracer study.   Output dari TS adalah dengan tersedianya dokumen hasil tracer study Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin, yang terdiri dari profil alumni dan masukan-masukan para alumni dan stake holder yang dapat menjadi bahan pertimbangan guna meningkatkan kualitas lulusan AKFAR ISFI Banjarmasin dan perbaikan databased alumni dan diperoleh input untuk rekonstruksi kurikulum.   Demikian yang bisa kami laporkan Selamat dan Salam Sukses Luar Biasa untuk AKADEMI FARMASI ISFI BANJARMASIN Jayalah dan Berprestasilah selalu untuk menjadi PTS yang unggul dilingkup regional, nasional dan internasional semoga aamiin untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif. (rna) [gallery columns="2" ids="1092,1093"]

Berita Lainnya


Pelantikan dan rapat kerja DPM, BEM, UKM, HMPS STIKES ISFI Banjarmasin

30 April 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya

Kuliah tamu Analisis kehalalan pada produk makanan menggunakan sepktrofotometri dan HPLC

26 April 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya

Mentoring penulisan artikel

25 April 2024 | Abdul Mahmud Yummasik

Baca Selengkapnya