kkl

Kunjungan mahasiswa STIKES ISFI Banjarmasin di PT Sanbe Farma (Tbk), PT Caprifarmindo, dan PT Pudak Scientifik

16 October 2023 | Aulia Rahim | 392 kali dilihat


KKL (Kunjungan Kerja Lapangan ) merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilakukan oleh STIKES ISFI Banjarmasin. KKL merupakan kunjungan lapangan yang dilakukan untuk mengetahui secara nyata kondisi di lapangan, dimana kegiatan ini dimaksudkan untuk langsung memperlihatkan/menyajikan keadaan lapangan yang terkait pekerjaan kefarmasian yang ada di industry. Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan semua mahasiswa semester V program studi DIII Farmasi dan S1 Farmasi Klinis dan Komunitas angkatan 2021 dan dosen pembimbing STIKES ISFI Banjarmasin.

Pada kesempatan kali ini mahasiswa berkunjung di Team Plant tour PT Sanbe Farma (Tbk), PT Caprifarmindo, dan PT Pudak Scientifik yang terletak di Di Kota Bandung wilayah Industri Cimareme No 8 Padalarang dan Mekar Raya Kec Panyileukan pada Senin 16 Oktober 2023.

Adapun harapan KKL ini ialah memahami proses produksi obat dari bahan baku hingga produk akhir, memperoleh wawasan langsung tentang standar kualitas dan keselamatan yang diterapkan di industri farmasi, melihat bagaimana alat dan teknologi terkini digunakan dalam produksi obat, memperoleh pemahaman tentang peran dan tanggung jawab berbagai departemen di perusahaan farmasi, mengetahui peran regulasi dalam industri farmasi dan pentingnya kepatuhan terhadap peraturan, mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk berkarir di bidang farmasi atau industri terkait, mendapatkan pengalaman langsung tentang operasional perusahaan farmasi, melihat proses produksi obat yang kompleks, dan berinteraksi dengan para profesional di bidang farmasi.

Kunjungan Lapangan di awali dengan Kunjungan ke PT Sanbe Farma (Tbk) dan PT Caprifarmindo pada pagi hari. Kunjungan tersebut berupa visit tour keruangan industri, persentasi plant tour dan sejarah industri. Mahasiswa sangat aktif dan bersemangat untuk belajar juga menambah ilmu khususnya untuk sediaan farmasi. Pada visit plant tour PT Sanbe Farma (Tbk) mahasiswa fokus visit ke produk sterile preparation plant. Sedangkan  di PT Caprifarmindo mahasiswa visit plant tour terkait macam-macam sediaan obat.

Kegiatan kunjungan lapangan dilanjutkan pada siang hari ke PT Pudak Scientifik. Pada visit plant tour ke PT Pudak Scientifik terkait macam-macam alat laboratorium dan alat peraga pendidikan. Kegiatan ini akan menjadi capaian pembelajaran lulusan khususnya dibagian menejeman farmasi, CPOB dan Teknologi Farmasi. (NY)

Tags: kkl

Berita Lainnya


Unit Kemahasiswaan Pengembangan Karir dan Alumni (UKPKA) STIKES ISFI Banjarmasin Adakan Hiring Campus Bersama Guardian

26 July 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya

Telaah Pengembangan Kurikulum Prodi S1 Farmasi Klinis dan Komunitas dan D3 Farmasi

26 July 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya

Pengabdian kepada masyarakat di Desa Jejangkit Kab. Barito Kuala

06 July 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya