hibah uppm

STIKES ISFI Banjarmasin Laksanakan Hibah Kemendikbudristek di Kecamatan Tatah Makmur

28 September 2023 | Aulia Rahim | 348 kali dilihat


Tahun ini STIKES ISFI Banjarmasin memperoleh hibah dari kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi dalam bidang pengabdian kepada masyarakat dengan judul "GERTING, Gerakan Anti Stunting Dengan Memperdayakan Kader Puskesmas dalam Pengolahan Pangan Organik Sebagai Makanan Pendamping Anak Sebagai Upaya Pencegahan Stunting di Kecamatan Tatah Makmur Kalimantan Selatan".

Acara ini dikemas dalam bentuk workshop dengan pemberian materi dan praktik langsung oleh peserta yang merupakan kader dari seluruh puskesmas di 13 desa di kecamatan Tatah Makmur. 

Workshop dillaksanakan selama 2 hari yakni pada tanggal 21-22 September 2023 di Aula Kantor Kecamatan Tatah Makmur. Acara ini dibuka langsung oleh camat Tatah Makmur, bpk. Gusti M Noviar Hidayat, SSTP, MS. Beliau sangat antusias menyambut program ini, terlebih program ini langsung dibiayai oleh kemendkbudritek.

Acara ini mengundang narasumber yang ahli di bidangnya dari  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kab. Banjar, Dinas Kesehatan dan  nutrisionis dari Husada Borneo. Mereka membagikan ilmu dan pengalamannya terkait edukasi kader tentang stunting, edukasi PIRT dan produk PIRT serta praktik langsung pembuatan nugget sehat. 

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara STIKES ISFI Banjarmasin dengan Politeknik Unggulan Kalimantan. STIKES ISFI Banjarmasin dengan dosen atas nama apt. Dwi Rizki Febrianti, M.Farm dan Abdul Mahmud Yumassik, M.Farm. Sedangkan dari Politeknik Unggulan Kalimantan dengan dosen atas nama Yuliana Salman, S.Si.,M.Biomed.

“Alhamdulilah kegiatan sangat antusias diikuti oleh kader-kader dibuktikan dengan ikut berpartisipasinya kader-kader dalam pembuatan nuget kelor. Kelor adalah makanan lokal yang ada di sekitar kita yang memiliki manfaat yang luar biasa khususnya dalam pencegahan stunting”, ujar Nany Suryani, S.Gz. M.Biomed saat memberikan materi.

“Acara hari ini sangat bagus dan semoga bisa dilanjutkan kembali. Nuggetnya enak sekali untuk anak kecil. Terima kasih”, kata Norliani salah satu kader dari posyandu desa Tatah Layap. (A.R)


Berita Lainnya


Pengabdian kepada masyarakat di Desa Jejangkit Kab. Barito Kuala

06 July 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya

apt. Rakhmadhan Niah, M.Farm telah berhasil lolos seleksi dalam program Pendampingan Unggulan Berpotensi Kekayaan Intelektual (UBER-KI) 2024

05 July 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya

apt. Novia Ariani, M.Farm telah berhasil lolos seleksi dalam program Pendampingan Unggulan Berpotensi Kekayaan Intelektual (UBER-KI) 2024

05 July 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya