uhk podcast haloisfi

Amankah Pangan yang Kita Konsumsi?

15 July 2023 | Eka Kumalasari | 144 kali dilihat


Amankah Pangan yang Kita Konsumsi?

Ingat Obat? Ingat ISFI. Halopod kali ini menghadirkan 2 narasumber yang merupakan kader keamanan pangan sekaligus dosen STIKES ISFI Banjarmasin yakni apt. Novia Ariani, M.Farm dan apt. Rakhmadhan Niah, M.Farm dan host apt. Dwi Rizki Febrianti, M.Farm. Dengan tema bahaya pada pangan dan 5 kunci keamanan pangan.

Berawal dari banyaknya makanan olahan dan makanan cepat saji sehingga mempermudah kita untuk mengkonsumsi tetapi apakah makanan tersebut aman untuk dikonsumsi?

“Ada 3 bahaya dari pangan. Pertama, bahaya biologi. Bahaya yang disebabkan oleh bakteri. Kedua, bahaya kimia, ini bahaya yang sulit dideteksi karena sudah tercampur dengan bahan pangan. Terakhir, bahaya fisik, bahaya yang bisa diantisipasi karena bahaya yang terjadi saat pengolahan”, tutur apt. Novia saat menjelaskan macam-macam bahaya pangan.

“Ada beberapa bahan pangan yang ditambahkan untuk keperluan positif agar tetap tahan lama seperti pengawet. Ada juga yang sering disalah gunakan, bahan tambahan yang akan membahayakan tubuh saat dikonsumsi seperti pewarna yang sering disalah gunakan yakni methanil yellow dan rhodamin B yang merupakan pewarna bukan untuk pangan. Atau juga formalin yang sering disalahgunakan pada pengawet ikan asin”, tambah apt. Rakhmadhan memaparkan terkait bahan berbahaya yang dilarang pada pangan.

Ada 5 kunci untuk keamanan pangan keluarga antara lain: (1) membeli pangan yang aman, (2) menyimpan pangan secara aman,(3) memasak pangan sampai matang, (4) menyajikan pangan secara aman dan (5) menjaga kebersihan.

Bagaimanakah penjelasan lebih detail tentang 5 kunci tersebut? Bagaimana cara membeli pangan yang aman? Apa yang perlu diperhatikan saat membeli produk pangan olahan? Apakah berbeda antara pangan siap saji dan pangan olahan? Bagaimana cara menyimpan pangan yang tepat? Bagaimana cara menyajikan pangan dengan baik? 

Saksikan lebih jelas penjelasan mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut di youtube STIKES ISFI pada link https://s.id/podcastpanganISFI. (A.R)

Berita Lainnya


Kuliah tamu Analisis kehalalan pada produk makanan menggunakan sepktrofotometri dan HPLC

26 April 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya

Mentoring penulisan artikel

25 April 2024 | Abdul Mahmud Yummasik

Baca Selengkapnya

Halal bihal seluruh yayasan pembangunan insan farmasi indonesia Banjarmasin

24 April 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya