PKKMB KPKA

Pengenalan Kegiatan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) STIKES ISFI Banjarmasin

05 September 2021 | Eka Kumalasari | 1.297 kali dilihat


Kegiatan rutin yang dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKES ISFI Banjarmasin dalam menyambut mahasiswa baru yakni PKKMB. PKKMB STIKES ISFI Banjarmasin tahun 2021 ini mengangkat tema “Mahasiswa Sebagai Agent of Change di Era Revolusi Industri 4.0 dan New Normal”. Serangkaian acara ini dimulai dari tanggal 29 Agustus 2021 dengan pra PKKMB. Tanggal 30 Agustus-2 September 2021 dilaksanakan acara PKKMB. Acara tersebut dilakukan secara daring menggunakan zoom meeting.

Acara ini diikuti sebanyak 134 mahasiswa dengan rincian 49 mahasiswa dari program studi DIII Farmasi dan 85 mahasiswa dari program studi S1 Farmasi Klinis dan Komunitas. Meskipun acara tersebut dilaksanakan secara daring tidak menurunkan semangat dan kegembiraan yang dirasakan oleh para peserta PKKMB. Acara ini terselenggara dengan tujuan memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru yang akan menjalani berbagai aktivitas di kampus baik itu perkuliahan maupun praktikum.

Serangkaian acara PKKMB dimulai dengan pra PKKMB yang berisikan mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan oleh semua mahasiswa baru untuk mengikuti PKKMB selama 4 hari ke depan. Setelah itu, memasuki hari pertama yakni pembukaan acara PKKMB yang langsung dibuka oleh Ketua STIKES ISFI Banjarmasin, Ibu apt. Erna Prihandiwati, SF, M.Farm. Dilanjutkan dengan perkenalan semua civitas akademika STIKES ISFI Banjarmasin dari pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, cleaning service hingga satpam.

Tiga hari pertama setiap pagi menjelang siang diisi dengan berbagai materi yang disampaikan secara panel. Adapun materi-materi yang disampaikan antara lain:

Hari pertama

  1. Sistem Pendidikan Tinggi disampaikan oleh apt. Erna Prihandiwati, SF.,M.Farm.
  2. Merdeka Belajar Kampus Merdeka disampaikan oleh apt. Noor Aisyah, M.Pharm.Sci
  3. Organisasi dan Kegiatan Mahasiswa disampaikan oleh apt. Moch. Maulidie AS, M.Farm.

Hari kedua

  1. Kiat Sukses dan Motivasi dipaparkan oleh apt. Yugo Susanto, M.Pd.,M.Farm.
  2. Pembinaan Karakter Mahasiswa dipaparkan oleh apt. Aulia Rahim, M.Farm.
  3. Softskill yang harus dimiliki oleh Mahasiswa dipaparkan oleh apt. Alexxander, M.Sc.

Hari Ketiga

  1. Bela Negara, Berbangsa, dan Pembinaan Bela Negara dibawakan oleh Dedy Ari Nugroho, M.Pd.
  2. Nilai Budaya, Etika, dan Plagiarisme dibawakan oleh Nasrullah, S.Sos.I.MA.
  3. Layanan kemahasiswaan dibawakan oleh apt. Amaliyah Wahyuni, S.Si.,MM.
  4. Pelayanan Akademik di Perguruan Tinggi dibawakan oleh apt. Novia Ariani, M.Farm.
  5. Profil Lulusan dibawakan oleh apt. Rakhmadhan Niah, M.Farm.

Tidak hanya materi-materi yang diperoleh oleh mahasiswa baru. Berbagai perlombaan pun mereka ikuti dalam berpartisipasi meramaikan acara PKKMB kali ini. Lomba-lomba tersebut antara lain:

  1. Lomba Rangking 1
  2. Cerdas Cermat
  3. Debat
  4. Pentas Seni dan Bakat

Selain itu, juga ada pengenalan Organisasi Mahasiswa yang terdiri dari DPM, BEM dan Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) yang ada di kampus STIKES ISFI Banjarmasin. Keunikan pun terlihat pada PKKMB tahun 2021 ini dengan munculnya acara praktikum tour dan kampus tour. Mahasiswa baru bisa merasakan dan mendapatkan gambaran kondisi saat praktikum di laboratorium saat pelaksanaan praktikum tour.

Mahasiswa baru dibawa menjelajahi seisi kampus STIKES ISFI Banjarmasin dari unit 1 hingga unit 6. Kantor, ruang-ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, ruang dosen, parkiran, gazebo, dan berbagai tempat yang ada di setiap sudut kampus STIKES ISFI Banjarmasin.

Hari keempat sebagai hari penutupan diisi dengan mengumumkan PKKMB award. Pengumuman semua pemenang lomba, mahasiswa terbaik, dan mahasiswi terbaik.

Supriadi Saputra, seorang mahasiswa baru mengungkapkan kesannya setelah mengikuti PKKMB. “Saya saat PKKMB sangat menyenangkan karena dpt bertemu dengan teman-teman baru, mendapat pengalaman yang berharga, suasana yang bercampur aduk, dan tentunya bertemu dengan para dosen yang begitu baik dan menyenangkan”

“Semoga hal-hal yang dialami hari ini dapat menjadi kenangan dan pembelajaran untuk hari esok nanti”, tambah Putra yang merupakan mahasiswa program studi S1 FKK.

Perwakilan panitia pun ikut memberikan kesan dan pesan selama pelaksanaan PKKMB. “Bahagia sudah dapat dipercaya untuk menjadi panitia penuh di PKKMB STIKES ISFI Banjarmasin, dan merasa bangga serta bahagia karena berhasil menjalankan tugas dan kelancaran acara walaupun ada beberapa kendala yang dialami”, tutur Rahmad Nika Rio S, salah seorang panitia PKKMB.

“Semoga kedepannya kendala teknis dan jaringan dapat diminimalisir untuk kebelangsungan acara agar bisa lebih baik dan juga bantuan dari semua pihak lebih dikoordinasikan lebih baik”, pesan Rio untuk acara PKKMB ke depannya.

Tags: pkkmb

Berita Lainnya


Liburan bersama "meningkatkan kebersamaan dan empati untuk prestasi kampus"

01 March 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya

Expo campus STIKES ISFI Banjarmasin di MAN 2

24 February 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya

Final pemilihan duta kampus tahun 2024

21 February 2024 | Abdul Mahmud Yummasik

Baca Selengkapnya