dsc_0301
Kegiatan Dosen

Workshop Penelusuran Jurnal Ilmiah dan Informasi Obat

20 December 2016 | Muhammad Amin | 1.219 kali dilihat


dsc_0301

Perkembangan teknologi dan komunikasi (TIK) yang sangat pesat, menyebabkan semakin tak terbendungnya informasi yang tersedia sehingga cara-cara penelusuran juga semakin berkembang. Keberlimpahan informasi (information overload) ini menyebabkan seseorang sebagai pencari informasi mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi yang relevan dan cepat sesuai dengan kebutuhannya. Dengan alasan itu, kemampuan penelusuran khususnya mengenai informasi obat dan jurnal ilmiah terpercaya merupakan suatu skill penting bagi seorang dosen sekaligus farmasis yang akan digunakan dalam penelusuran informasi penelitian dan update ilmu untuk mengajar.

Dengan latar belakang tersebut, mengawali minggu ini, Senin 19 Desember 2016, Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin kembaliĀ  mengadakan workshop bagi para dosen mengenai penelusuran informasi dan jurnal ilmiah. Pada kesempatan kali ini, bapak Franciscus C. Kristanto, M.Farm-Klin., Apt dari Universitas Surabaya berkenan hadir sebagai narasumber dan fasilitator. Bapak Franciscus C. Kristanto, M.Farm-Klin., Apt merupakan founder Edupharm dan Konsultan Kefarmasian yang memiliki kapasitas sangat memadai sebagai narasumber dari kegiatan ini.

Kegiatan workshop dilaksanakan di Auditorium Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin, membahas cara-cara pencarian jurnal yang relevan dan terpercaya. Disampaikan pula trik-trik yang membuat pencarian jurnal menjadi sederhana. Diskusi singkat mengenai apa saja yang menjadi penghalang dan kesulitan dalam mencari jurnal terindeks dan terpercaya dan praktek langsung dilakukan agar para peserta benar-benar memahami materi yang disampaikan. Output dari kegiatan ini diharapkan para dosen dapat lebih mudah melakukan penelusuran jurnal ilmiah dan memanfaatkannya sebagai referensi primer dalam pengajaran dan penelitian. Selain itu, para dosen juga diharapkan dapat mentransfer ilmu yang didapat dari kegiatan ini kepada mahasiswa sehingga terciptanya suasana akademik yang berbasis ilmiah. (NVD 2016)

Berita Lainnya


Liburan bersama "meningkatkan kebersamaan dan empati untuk prestasi kampus"

01 March 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya

Expo campus STIKES ISFI Banjarmasin di MAN 2

24 February 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya

Final pemilihan duta kampus tahun 2024

21 February 2024 | Abdul Mahmud Yummasik

Baca Selengkapnya