Banjarmasin, Senin,…">
Event

Workshop Metode Penelitian Kualitatif dibidang Kefarmasian

14 December 2015 | Muhammad Amin | 2.051 kali dilihat


IMG_3216Banjarmasin, Senin, 14 Desember 2015, Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin mengadakan Workshop dengan tema "Metode Penelitian Kualitatif dibidang Kefarmasian". Workshop yang menghadirkan Narasumber Bapak Dr Brahm Marjadi MPH PhD (Senior Lecturer, Community Engaged Learning, School of Medicine, Western Sydney University) yang dihadiri oleh Dosen Pengajar Akfar ISFI Banjarmasin, yang dilaksanakan di Laboratorium Multimedia Akfar ISFI Banjarmasin. [gallery link="file" columns="2" ids="871,872" orderby="rand"]

Menurut Direktur Akfar ISFI Banjarmasin Yugo Susanto, S.Si, MPd, Apt, kegiatan ini diadakan sebagai upaya untuk melahirkan peneliti yang unggul dan terkemuka dalam pemaduan dan pengembangan studi kefarmasian, khususnya yang memiliki kemampuan meneliti secara baik terhadap masalah kefarmasian. Sementara tujuan workshop adalah meningkatkan wawasan dosen mengenai teori dan konsep penelitian kualitatif serta membekali dosen dengan seni dan siasat praktis melaksanakan penelitian kualitatif.

Dalam workshop tersebut dr Brahm, tidak hanya menerangkan bagaimana metode penyusunan sebuah penelitian Kualitatif, tetapi juga menyangkut pautkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Workshop yang dilaksanakan pada pukul 08.30 sampai dengan 16.00 WIB tersebut mendapatkan banyak respon positif dilihat dari antusias peserta dalam mengikuti workshop tersebut. Dr Brahm juga menegaskan beberapa hal penting dalam sebuah penelitian Kulaitatif diantaranya; Sebuah Penelitian Kualitatif diharuskan dan diwajibkan untuk terstruktur, valid dan mengandung sebuah argumentasi yang kuat. Pemberian materi dalam workshop dilakukan dalam empat sesi. Sesi pertama yakni "Filosopi dan Bentuk Penelitian Kualitatif", Sesi ke dua berisi materi "Metode pengumpulan data Kualitatif dan Praktikum", sesi ketiga berisi "Analisis Data" dan pada sesi terakhir berisi "Diskusi Penggunaan Penelitian". Acara berlangsung dengan baik, peserta terlihat antusias mengikuti rangkaian acara yang dimulai sejak pagi hingga menjelang sore tersebut.

Berita Lainnya


Pelantikan dan rapat kerja DPM, BEM, UKM, HMPS STIKES ISFI Banjarmasin

30 April 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya

Kuliah tamu Analisis kehalalan pada produk makanan menggunakan sepktrofotometri dan HPLC

26 April 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya

Mentoring penulisan artikel

25 April 2024 | Abdul Mahmud Yummasik

Baca Selengkapnya