akademi farmasi…
Berita dan Informasi

Satu lagi Prestasi Mahasiswa Alumnus AKFAR ISFI Banjarmasin yang Melanjutkan Kuliah di STFI Bandung

14 January 2016 | Muhammad Amin | 2.066 kali dilihat


akademi farmasi isfi banjarmasin  akfar isfi

Lembaga Penelitian Universitas Trisakti, baru-baru ini mengadakan lomba pembuatan proposal penelitian mahasiswa tingkat nasional dalam rangka Dies Natalis ke-50 Universitas Trisakti (11/11-2015). Lomba ini diperuntukkan untuk seluruh mahasiswa di Indonesia yang proposalnya sudah di kirimkan kepada berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Untuk Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia Bandung diwakili oleh 5 kelompok masing-masing, kelompok berisi 3 orang yang masuk grand final, dimana ada 5 mahasiswa jebolan AKFAR ISFI Banjarmasin yang masuk dalam Grand Final.

  1. Rahmi Rizkia (114101484011038) dengan Judul proposal judul peningkatan kelarutan dan isolasi ibuprofen melalui pembentukan mikropartikel metode emulsification Ionic Gelation dengan mengunakan kitosan
  2. Alfisah Fatrianoor (114101484011004) dengan Judul Proposal Formulasi dan Evaluasi Gel transdermal etosom vitamin C sebagai pencerah kulit
  3. Rahmat Khalilah (114101484011037), Lisa Ariani (114101484011025), Ary Kurniawan (114101484011010) dengan judul proposal Uji Aktivitas Antipiretika Ekstrak Etanol Bunga Mawar (Rosa chinensis jacq.) pada Mencit Putih Jantan (mussmucculus) yang Di Induksi dengan Pepton.
  4. Selynita (114101484011042)dengan Judul Proposal Uji Aktivitas Anti Bakteri Ekstrak N-Heksan, Etil Asetat dan Metanol Tanaman Sedap Malam (Polianthes Tuberosa L.).

Dalam Lomba yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi selaku Ketua Panitia Dies Natalis ke 50 Universitas Trisakti. Prof. Ir. Agus Budi Purnomo, MS, PhD selaku Direktur Lembaga Penelitian, mengatakan, dari hasil seleksi proposal yang masuk 25 proposal, setelah melalui dua kali penyeleksian yaitu melalui penilaian desk evaluation yang tidak dihadiri yang bersangkutan, dari desk evaluation kita memilih 12 peserta yang memenuhi syarat untuk dilanjutkan ke grand final. Perguruan Tinggi yang mengikuti antara lain dari Akademi Kebidanan Borneo Medistra Balikpapan, Kalimantan Timur, Akademi kebidanan Panti Rapih Yogyakarta, Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia Bandung dan sebagian dari Jakarta. Ia menambahkan, Grand Final 12 peserta ini akan mempresentasikan proposal mereka didepan para Juri untuk menentukan Juara I, II dan III. Dikatakan bahwa tujuan lomba ini tentu pertama adalah dalam rangka Dies Natalis Universitas Trisakti, yang kedua adalah menggalakkan dan menggairahkan mahasiswa dalam hal penelitian, karena mahasiswa juga sudah bisa meneliti, kita biasakan mereka untuk membuat proposal penelitian, dengan proposal ini nantinya akan menjadi dasar mahasiswa untuk tugas akhir mereka, selanjutnya menjadi paper untuk di publikasikan. Ia mengingatkan, sejak tahun 2012 Dikti sudah mengharuskan agar mahasiswa S1, S2 dan S3 sebelum diwisuda harus mempublikasikan karya ilmiahnya dalam bantuk jurnal maupun dalam bentuk seminar, umumnya yang bisa diterima di jurnal adalah hasil penelitian. “Saya menilai, proposal yang masuk ini bagus-bagus, hanya kelemahan dari mahasiswa ini dari segi operasionalnya”, ujar Prof. Ir. Agus Budi Purnomo, MS, PhD.

Dalam Lomba ini STFI yang diwakili para Alumnus Akfar ISFI Banjarmasin berhasil memperoleh Peringkat Ketiga melalui Rahmi Rizkia dan Alfisah Fatrianoor mendapatkan Juara Harapan 1 sedangkan yang mendapatkan juara 1 dan 2 Perwakilan dari Universitas Trisakti.

(iwn)

Disadur dari Tulisan Rahmat Khalilah

Sebagian Dicopy langsung dari website Universitas Trisakti


Berita Lainnya


Mentoring penulisan artikel

25 April 2024 | Abdul Mahmud Yummasik

Baca Selengkapnya

Halal bihal seluruh yayasan pembangunan insan farmasi indonesia Banjarmasin

24 April 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya

Penandatangan kerjasama antara LLDIKTI Wilayah XI dengan STIKES ISFI Banjarmasin

23 April 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya