Kegiatan Dosen

Rintis Jejak Career Center dan Tracer Study Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin

03 October 2016 | Muhammad Amin | 1.155 kali dilihat


akfar isfi banjarmasin

Pembentukan Career Center/Pusat Karir (PK) yang masih tergolong baru di Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin, mengharuskan ketua dan anggota kepengurusannya aktif dan giat mengembangkannya. Salah satu peran aktif kepengurusan adalah mengikuti Workshop Career Center dan Tracer Study di Politeknik Negeri Banjarmasin.

Pada kesempatan ini, Koordinator Pengumpulan Data Alumni dan Rekrutmen Akfar ISFI Banjarmasin yang diwakili oleh Novia Ariani, M.Farm., Apt serta Koordinator Bidang Analisis Data dan Seminar yang diwakilkan oleh Noverda Ayuchecaria, M.Farm., Apt turut berpartisipasi dalam workshop yang diadakan pada tanggal 26 Spetember 2016 tersebut.

Pembicara pertama membuka workshop tersebut dan menyampaikan materi tentang pengolahan data Tracer Study (TS) menggunakan Qtafi. Aplikasi ini tentu akan memudahkan pelaksanaan TS sehingga dapat diadopsi dan dilaksanakan guna menyempurnakan pelaksanaannya di Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin.

Pembicara kedua dilanjutkan oleh Dr. Sandra Fikawati yang membahas Fungsi dan Manajemen Pusat Karir. Disampaikan pada kesempatan tersebut, bahwa Pusat karir berperan sangat penting untuk menjembatani kebutuhan informasi dunia kerja yang diperlukan oleh pengguna lulusan dan juga untuk menjawab tantangan dunia kerja. Namun hingga sekarang, tidak semua Perguruan Tinggi memiliki Pusat Karir. Dalam hal ini, Akfar ISFI Banjarmasin sudah selangkah maju dalam membentuk Pusat Karir dan melakasanaan TS itu sendiri.

Setelahnya, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ahmad Syafiq, Ph.D mengenai Implementasi dan Manajemen TS, Analisis dan Rekapitulasi Data TS. Dalam penyampaiannya, dibahas hal-hal krusial yang harus diperhatikan termasuk pengolahan data dan cara penyajian data. Untuk Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin sendiri, tata cara pengolahan dan penyampaian data ini sangat berguna, mengingat Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin dalam waktu dekat harus menyampaikan hasil pelaksanaan TS sebagai bentuk pelaporan atas Hibah Tracer Study 2016 yang berhasil diraih oleh Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin tahun ini.

(Nvr, Erna)

Berita Lainnya


Mentoring penulisan artikel

25 April 2024 | Abdul Mahmud Yummasik

Baca Selengkapnya

Halal bihal seluruh yayasan pembangunan insan farmasi indonesia Banjarmasin

24 April 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya

Penandatangan kerjasama antara LLDIKTI Wilayah XI dengan STIKES ISFI Banjarmasin

23 April 2024 | Eka Kumalasari

Baca Selengkapnya